Dampak Positif dan Dampak Negatif Bioteknologi

Postingan admin kali ini, mengenai dampak positif dan dampak negative ataupun kelebihan dan kekurangan dari bioteknologi. Sebagai siswa tentunya tak kan lepas dari yang namanya tugas… Demi tugas pun admin harus susah payah mencari artikel mengenai dampak positif dan dampak negatif bioteknologi. Mencari artikel tersebut bisa dibilang cukup sulit karena kurangnya blog ataupun situs yang menyajikannya, oleh karena itu  admin terdorong untuk menyajikan postingan ini. Semoga dapat membantu teman-teman khususnya pelajar kelas 3 sma. Berikut artikel admin yang bersumber dari beberapa referensi baik situs maupun buku pelajaran :

KLONING
Kloning adalah proses menghasilkan individu-individu dari jenis yang sama (populasi) yang identik secara genetik atau mirip dengan induknya. Dalam bioteknologi, kloning merujuk pada berbagai usaha-usaha yang dilakukan manusia untuk menghasilkan salinan berkas DNA atau gen, sel, atau organisme
DAMPAK POSITIF :
a.     Kloning pada tanaman dan hewan adalah untuk memperbaiki kualitas tanaman dan hewan, mening­katkan produktivitasnya.
b.     Meningkatkan agrobisnis
c.      Untuk upaya konservasi tumbuhan / hewan langka
d.     Menyelamatkan penderita gagal ginjal, kerusakan jantung & penyediaan organ tubuh untuk dicangkokkan kepada pasien
e.     Menjadi obat alami bagi banyak penyakit manusia-terutama penyakit-penyakit kronis-guna menggantikan obat-obatan kimiawi yang dapat menimbulkan efek samping terhadap kesehatan manusia.
f.      Untuk memperoleh hormone pertumbuhan, insulin, interferon, vaksin, terapi gen dan diagnosis penyakit genetic.
g.     Teknologi kloning memungkinkan dilakukan pengujian dan penyembuhan penyakit-penyakit keturunan. Kloning manusia memungkinkan banyak pasangan tidak subur untuk mendapatkan anak
DAMPAK NEGATIF :


a.     Karena menghasilkan keturunan yang sama, maka akan mengurangi BIODIVERSITY
b.     Dikhawatirkan disalahgunakan untuk menciptakan species / ras yang bertentangan dengan kemanusiaan.
c.      Resiko kesehatan karena mudah terserang penyakit
d.     Kloning pada manusia akan menghilangkan nasab dan menyulitkan pelaksanaan hokum-hukum syara’. Seperti, hokum pernikahan, nasab, nafkah, waris, hubungan kemahraman, hubun­gan ‘ashabah, dan lain-lain
e.      Kerancuan hubungan antara orang yang di kloning dengan orang hasil kloningannya.


 VAKSIN
Vaksin digunakan untuk mencegah serangan penyakit terhadap tubuh yang berasal dari mikroorganisme.  Vaksin didapat dari virus dan bakteri yang telah dilemahkan atau racun yang diambil dari mikroorganisme tersebut. Vaksin terbagi atas vaksin hidup yang dilemahkan dan vaksin mati
Dampak Positif  Vaksin Mati :
a.      Keuntungan vaksin mati adalah bisa dipergunakan untuk semua orang, termasuk untuk wanita hamil, mereka yang mengalami kelainan sistim imunologi/sistim pertahanan tubuh, misalnya penderita penyakit HIV AIDs, orang yang dicangkok organ tubuh,pasien ginjal yang melakukan dialisis (cuci) darah, atau pasien yang mendapatpengobatan kortiosteroid.
b.     Karena hanya mengandung bakteri atau virus mati, tidak ada lagi kemungkinan mutasi genetik dari bibit penyakit kembali menjadi ganas, sehingga aman bagi pemakai vaksin tersebut.
c.      Cara menyimpan vaksin mati ini juga lebih mudah daripada vaksin hidup, cukup disimpan dalam suhu 2 - 8 derajat Celsius.
DAMPAK NEGATIF Vaksin mati :
a.       karena bakteri atau virus penyebab penyakitnya telah dimatikan, maka reaksi perangsangan terhadap sistim imunologi tubuh lebih lemah, sehingga untuk mendapatkan hasil proteksi yang optimal, dan berlangsung lama, diperlukan pengulangan vaksinasi, yang disebut  dosis booster / dosis penguat ulangan.
Catatan: dalam penelitian vaksin, ditemukan bahwa vaksin mati lebih baik dipakai untuk mencegah penyakit infeksi karena bakteri daripada penyakit infeksi karena virus
DAMPAK POSITIF Vaksin hidup :
a.       Karena mengandung bibit penyakit hidup yang dilemahkan, sehingga menimbulkan reaksi rangsangan yang sangat kuat terhadap sistim imunologi tubuh kita untuk memproduksi zat antibody, dan reaksi ini bertahan cukup lama bahkan seumur hidup, sehingga kitatidak memerlukan mengulang vaksinasi atau dosis booster.
DAMPAK NEGATIF Vaksin hidup:
a.      karena mengandung bakteri yang hidup meski telah dilemahkan, sehingga vaksin jenis ini tidak boleh diberikan untuk wanita hamil,  mereka yang mengalami kelainan sistim imunologi /sistim pertahanan tubuh, misalnya penderita penyakit HIV AIDs, orang yang dicangkok organ tubuh, pasien ginjal yang melakukandialisis (cuci) darah dan penderita yang diobati dengan kortikosteroid.
b.     Karena bibit penyakit masih hidup meskipun telah dilemahkan, masih ada kemungkinanterjadi mutasi genetik, dimana bibit penyakit menjadi ganas kembali, sehinggga menimbulkan penyakit bagi penerima vaksin tersebut.
c.       Juga dikatakan bahwa kemungkinan efek samping lebih banyak ditemukan dengan vaksin hidup yang dilemahkan daripada dengan vaksin mati
d.      Karena mengandung bibit penyakit yang masih hidup, maka dalam penyimpanan vaksin ini diperlukan suhu rendah untuk menyimpannya, biasanya adalah suhu minus 20 derajat Celsius.
Catatan : dalam penelitian vaksin, ditemukan bahwa vaksin hidup lebih baik dipakai untuk mencegah penyakit infeksi karena virus daripada penyakit infeksi karena bakteri

TRANSGENIK
Disebut GMOS (Genetically Modified Organism), teknik ini mengubah faktor keturunan untuk mendapatkan sifat yang baru, teknik ini dikenal dengan sebutan rekayasa genetika atau teknologi plasmid.  Aplikasinya antara lain :
Hibridisasi yaitu Persilangan antara varietas dalam spesies yang sama yang memiliki sifat unggul. Hasil dari hibrid adalah yang memiliki sifat perpaduan dari kedua induknya,contohnya : jagung, tebu, dan anggrek.
Inseminasi buatan yaitu Pembuahan atau fertilasi yang terjadi pada sel telur dengan sperma yang disuntikkan pada kelamin betina. Fertilasi ini tidak membutuhkan hewan jantan tetapi hanya membutuhkan spermanya saja. Teknologi ini menggunakan metode penyimpanan sperma pada suhu rendah (-80sampai -200).
Bayi tabung ( test tube baby ) adalah bayi yang berasal dari pembuahan sel telur ibu sperma yang diambil dari suami atau donor dalam piring kaca laboratorium. Zigot hasil pembuahan akan tumbuh menjadi berpuluh puluh sel. Zigot tersebut lalu dimaksukan kedalam rahim ibu semula dan mengalami pertumbuhan sampi kelahiran.
DAMPAK POSITIF :
a.        Menciptakan bibit unggul.
b.       Meningkatkan gizi masyarakat.
c.        Melestarikan plasma nutfah.
d.       Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi sesuai dengan keinginan manusia.
e.       Membantu pasangan yang kesulitan mendapatkan anak dengan jalan pintas yaitu bayi tabung.
DAMPAK NEGATIF  :
a.      Pada perbanyakan keturunan dengan kultur jaringan yang memiliki materi genetis yang sama akan mudah terkena penyakit.


INTERFERON 
adalah keluarga dari protein-protein yang terjadi secara alami yang dibuat dan dikeluarkan oleh sel-sel sistem imun (contohnya, sel-sel darah putih, sel-sel pembunuh alamia, fibroblast-fibroblast, dan sel-sel epithelial). Berat molekul interferon relatif besar, berkisar 20-30 kDa. Terdapat tiga kelompok interferon yang telah diidentifikasi: alpha, beta, dan gamma.
DAMPAK POSITIF :
a.     Karena interferon dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit dan sekaligus membunuh agen penyebab penyakit, maka mereka dapat digunakan untuk banyak penyakit yang melibatkan sistem imun. Contohnya:
b.     Interferon alfa-2a (Roferon-A) disetujui oleh FDA untuk merawathairy cell leukemia, AIDS-related Kaposi's sarcoma, danchronic myelogenous leukemia.
c.      Interferon alfa-2b disetujui untuk perawatan dari hairy cell leukemia, malignant melanoma, condylomata acuminata, AIDS-related Kaposi's sarcoma, hepatitis C kronis, dan hepatitis B kronis.
d.     Ribavirin dikombinasikan dengan interferon alfa-2b, interferon alfacon-1 (Infergen), pegylated interferon alfa-2b, atau pegylated interferon alpha-2a, semua disetujui untuk perawatan dari hepatitis C kronis.
e.      Interferon beta-1b (Betaseron) dan interferon beta-1a (Avonex) disetujui untuk perawatan dari  multiple sclerosis.
f.       Interferon alfa-n3 (Alferon-N) disetujui untuk perawatan dari kutil-kutil genital dan perianal yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV).
g.      Interferon gamma-1B (Actimmune) disetujui untuk perawatan dari penyakit granulomatous kronis, dan osteopetrosis yang parah dan berbahaya.
DAMPAK NEGATIF :
a.     Penggunaan interferon akan menimbulkan efek samping berupa gejala demam, termasuk panas dan sakit kepala, dan penggunaan interferon dalam waktu yang lama akan menyebabkan turunnya daya lihat dan bahkan rontoknya rambut
b.     masa terapi lama bahkan sampai lebih dari satu tahun. Ini akan menyusahkan pasien karena konsumsi interferon biasanya melalui infus.
c.      Kerusakan jaringan pada tempat suntikan juga dapat terjadi pada pemberian semua jenis interferon, namun lebih sering terjadi setelah pemberian interferon beta-1b dan pegylated interferon alfa-2b. 
d.     Pemberian interferon dapat memberikan efek samping yang mirip dengan gejala-gejala flu, seperti demam, menggigil, sakit kepala, sakit-sakit dan nyeri-nyeri otot, malaise. Efek ini dapat terjadi pada pemberian semua jenis interferon. Gejala-gejala ini bervariasi dari ringan sampai parah dan terjadi pada sampai setengah dari senua pasien-pasien. Gejala-gejala cenderung berkurang dengan suntikan-suntikan yang berulang dan mungkin dikendalikan dengan analgesik seperti acetaminophen (Tylenol) dan antihistamines seperti diphenhydramine (Benadryl). 

ANTIBODI MONOKLONAL
merupakan sejenis antibodi yang diproduksi dengan cara penggabungan ( fusi ) dua jenis sel yang sama atau berbeda . Dikenal dengan sebutan teknologi hibridoma / DNArekombinan..      1975 Metode produaksi antibodi monoklonal dikembangkan oleh Kohler dan Milstein
DAMPAK POSITIF :
a.      Antibodi monoklonal digunakan untuk menuntun obat anti kanker atau tumor, Antibodi ini akan  menyerang sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel yang sehat.
b.      membuat tanaman yang memupuk sendiri dan tanaman yang mampu menolak serangan hama  sendiri, lewat  rekayasa  genetika (1990-an)
c.      untuk mendeteksi kandungan hormon korionik gonadotropin dalam urine wanita hamil;
d.      mengikat racun dan menonaktifkannya;
e.      mencegah penolakan tubuh terhadap hasil transplantasi jaringan lain.
f.       melawan antigen yang masuk ke dalam tubuh.

DAMPAK NEGATIF :
a.     penyakit lupus adalah penyakit di mana tubuh seseorang menjadi alergi pada diri sendiri. Pemyakit ini disebabkan karena adanya produksi antibodi pada sel-sel dalam tubuh manusia

7 komentar

Wah...mudah-mudahan jangan sampai aku yang dikloning yah...hehehe

Reply

aduhhh ada ayam bakar jalan jalan @-)

Reply

iye bener,,, bisa langsung disantap =))

Reply

Ane td sembat baca sedikit....
mau nanya nih. ada tidak contoh kloning pada manusia? seperti apa sih itu kloning pd mnusia?

Reply

ada kok, salah satu contohnya adalah bayi tabung. nah, bayi tabung itu merupakan hasil pembuahan yang berlangsung di dalam tabung, prosesnya adalah sel telur yang mengalami ovulasi pada induk/wanita diambil dengan suatu alat dan disimpan di dalam tabung yang berisi medium seperti kondisi yang ada pada rahim wanita hamil, kemudian sel telur itu dipertemukan dengan sperma dibawah mikroskop dan diamati sehingga terjadi fertilasi lalu sel telur yang sudah dibuahi tersebut dikembalikan kedalam tabung. beru deh siap di simpan dirahim pasangan yang tdk bisa memiliki keturunan. :D

Reply

ada kok, salah satu contohnya adalah bayi tabung. nah, bayi tabung itu merupakan hasil pembuahan yang berlangsung di dalam tabung, prosesnya adalah sel telur yang mengalami ovulasi pada induk/wanita diambil dengan suatu alat dan disimpan di dalam tabung yang berisi medium seperti kondisi yang ada pada rahim wanita hamil, kemudian sel telur itu dipertemukan dengan sperma dibawah mikroskop dan diamati sehingga terjadi fertilasi lalu sel telur yang sudah dibuahi tersebut dikembalikan kedalam tabung. beru deh siap di simpan dirahim pasangan yang tdk bisa memiliki keturunan. :D

Reply

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda dengan Menggunakan Kata-kata yang Bijak dan Sopan (No Porno, No Iklan, No Spam). Kritik dan Saran yang Membangun Akan Sangat Bermanfaat Bagi Penulis. Terima Kasih.