Perang Dingin

1.        4 FAKTOR TERJADINYA PERANG DINGIN
a.        Perbedaan paham
Paham demokrasi-kapitalis yang dianut oleh amerika berbeda bahkan bertentangan dengan paham sosialis-komunis US. Paham demokrasi-kapitalis mengagungkan kebebasan individu, persaingan bebas dan menolak paham diberlakukannya kaum buruh sewenang-wenang. Oleh karena itu, kaum buruh diberi jaminan dan kesempatan bermodal dalam perusahaan. Sedangkan paham sosialis-komunis mengakui hak kolektif dan berkeyakinan bahwa memperkejakan buruh dapat mempercepat kesejahteraannya, karena Negara yang mengendalikan perusahaan akan memanfaatkan keuntungannya untuk rakyat. Hal itu dibuktikan dengan rencana pembangunan 5 tahun, namun caranya yang serba tertutup menyebabkannya disebut Negara dibalik tirai besi.

b.        Berdirinya pakta pertahanan
Untuk mencegah meluasnya pengaruh US pasca perang dunia 2, Negara-negara eropa barat dan AS membentuk suatu organisasi pertahanan bersama yang disebut NATO (North Atlantic Treaty Organization/ organisasi pertahanan atlantik utara) yang dtanda tangani pada 4 april 1949 di washington dengan anggotanya AS, kanada, inggris, perancis, Portugal, irlandia, islandia, norwegia, Denmark, luksemberg, jerbar, belgia, turki, belanda. Untuk mengimbangi kekuatan NATO, pada 14 mei 1949 US mendirikan pakta pertahanan juga yang diberi nama Pakta Warsawa dengan anggotanya yakni US, Albania, Bulgaria, Cekoslowakia,jertim, hongaria, Polandia, Rumania.

c.        Kegiatan spionase
Adanya rasa saling mencurigai antara AS dan US menyebabkan munculnya kegiatan spionase (mata-2) yang tercermin dari tindakan agen2 spionase kedua belah pihak. KGB (Komitet Gusudarstvennoy Bezopasnosti) adalah dinas rahasia US, sedangkan CIA (Central Intelligence Agency) adalah dinas rahasia AS. KGB dan CIA berusaha untuk memperoleh informasi rahasia mengenai hal yang menyangkut kedua belah pihak atau Negara yang berada dibawah pengaruh mereka. KGB dan CIA juga turut berperan dlm berbagai ketegangan dunia, misalnya pada peristiwa insiden teluk babi.

d.        Munculnya system aliansi
Sistem aliansi adalah system mencari kawan. AS dan US mempunyai keinginan menjadi penguasa dunia, mereka mengajak Negara-negara jajahannya untuk berkoalisi dalam perang dingin. AS sebagai Negara kreditor besar membantu Negara-negara yang sedang berkembang berupa pinjaman modal untuk pembangunan, sedangkan US membantu perjuangan nasional berupa senjata dan tenaga ahli. Hal tersebut Nampak dengan terbentuknyapersekutuan Negara pendukung komunis dan Negara pendukung liberalis.

2.        3 PERUBAHAN POL, SOS, EKO, PASCA BERAKHIRNYA PERANG DINGIN 2
Politik
1.        Tampilnya AS dan US sebagai Negara adidaya
AS dan US adalah 2 negara adikuasa yang besar peranannya di dalam mengakhiri perang dingin 2. AS dan US berusaha untuk saling berpengaruh dan berkuasa di dunia. Persekutuan mereka dalam PD 2 merupakan persukutuan yang aneh. Mereka dapat bersekutu karena mempunyai musuh yang sama yaitu pihak poros (Jerman, Italia, Jepang) namun, setelah musuh bersamanya lenyap, AS yang berpaham liberal-kapitalis tidak sejalan dengan US yang berpaham sosialis-komunis.

2.        Timbul politik memecah belah
AS dan US berusaha menjalankan politik memecah belah bangsa lain demi kepentingan mereka sendiri. Mereka membagi Negara-negara yang mempunyai arti penting, seperti korea, Vietnam, dan jerman untuk mendukung kepentingan kedua Negara adidaya tersebut.

3.        Timbul persekutuan militer kembali
Sebagai penyeimbangan kekuatan, Negara-negara adidaya berusaha mengadakan persekutuan baru demi keamanan bersama sehingga timbul pakta2 yang bersifat militer. Misalnya AS yg mendirikan NATO dan US yang mendirikan Pakta Warsawa.

Sosial
1.        Terbentuknya PBB
Berakhirnya PD 2 menyebabkan lahirnya PBB sebagai lembaga dunia penyempurna LBB yang diharapkan dapat menjamin keamanan dan ketertiban dunia, mencegah terulangnya perang dunia serta menjamin keselamatan dunia.
2.        Timbulnya trauma terhadap masyarakat
3.        Banyaknya korban berjatuhan

Ekonomi
1.        Ekonomi dunia menjadi kacau
PD 2 telah mengeksploitasi banyak tenaga kerja, modal dan biaya perang sehingga ketika perang berakhir keadaan perekonomian sangat berantakan. Lahirnya dua kekuatan adidaya setelah PD 2 dengan sendirinya telah menyebabkan system ekonomi dunia terbagi dua yaitu system ekonomi kapitalis yang didominasi oleh AS dan system ekonomi liberalis yang didominasi oleh US.

2.        AS dan US muncul sebagai Negara kreditor
Hancurnya perekonomian dunia menyebabkan AS dan US sebagai Negara adidaya tampil memberikan bantuan ekonomi. Namun kedua Negara tsb tidak sekedar memberi bantuan ekonomi, tetapi juga memperluas pengaruh ideologinya.

3.        Menurunnya nilai mata uang
    
     3.      3 UPAYA MEMBATASI PENGGUNAAN SENJATA NUKLIR

Pada kurun waktu tahun 1968-1982 dilakukan upaya untuk meredakan Perang Dingin dengan mengurangi, membatasi dan memusnahkan senjata nuklir. Bentuk persetujuan tersebut antara lain sebagai berikut :
1.        Perjanjian Nonproliferasi Nuklir. Perjanjian ini dilakukan pada 1 juli 1968 antara Uni Soviet, Amerika Serikat dan Inggris.  Isi perjanjian ini adalah kesepakatan untuk tidak menjual senjata nuklir atau memberikan informasi kepada negara-negara non-nuklir.
2.         Strategic Arms Limitation Talks (SALT) atau perundingan pembatasan persenjataan strategis antara AS dan US meliputi SALT I dan SALT II. Perundingan SALT I berlangsung pada tanggal 17 November 1969 di Helsinki, Finlandia. Perundingan SALT II berlangsung pada bulan November 1972 di Jenewa, Swiss. Dalam perundingan ini AS dan US sepakat untuk membatasi system anti peluru kendali dan senjata-senjata ofensif strategis, seperti peluru kendali balistik antar benua dan peluru kendali balistik yang diluncurkan dari laut.
3.        Perjanjian pengurangan senjata-senjata strategis atau Strategic Arms Reduction Treaty (START). Perjanjian pada tahun 1982 ini berisi kesepakatan antara AS dan US untuk memusnahkan senjata nuklir yang berdaya jarak menengah.

4.        4 ANGGOTA NATO, SEATO, METO, PAKTA WARSAWA, ANZUS DAN TUJUAN PEMBENTUKANNYA
a.        SEATO: South East Asia Treaty Organization -> Berdiri tahun 1954 akibat terjadinya Krisis di Indo-China.
 Tujuannya: Membendung bahaya Komunis di asia Tenggara.
Anggota : inggris, Singapura, Perancis,  Selandia Baru, Filipina, Amerika Serikat.

b.         ANZUS :Australia, New Zeland and United State merupakan organisasi Pakta Pertahanan antara Australia, Selandia baru, dan  America.
Tujuan: Menghadapi bahaya ekspansi komunisme ke asia Tenggara dan Pasific.

c.        NATO : North Atlantic Treaty Organization ->  4 APRIL 1949 di washington akibat dari meningkatnya Perang Dingin dan Krisis Berlin.
Tujuan : menyelesaikan persengketaan secara damai, tdk menggunakan kekerasan maupun ancaman militer dlm hubungan internasional, menghilangkan persengketaan pol dan eko internasional, memupuk kerja sama diantara anggota.
Anggota : Belgia, Kanada, Denmark, Perancis, Islandia, Inggris, Belanda, Portugal, Turki, Amerika, Luksemburg, Jerman barat

d.         Pakta Warsawa : Kelompok Kerjasama Pakta Pertahanan Negara-negara Komunis di Eropa Timur. Dibentuk 14 MEI 1955 sebagai imbangan terbentuknya NATO.
Tujuan : mempersatukan Negara komunis, memupuk kerja sama Negara anggota dlm bidang militer untuk mengimbangi NATO, menghendaki persatuan di eropa timur.
Anggota : Uni soviet, Bulgaria, Albania, Cekoslowakia, Jerman Timur, hungaria, Polandia, Rumania

e.         CENTRO : Central Treaty Organization -> Pakta Pertahanan di Timur Tengah. Berdiri tahun 1955 dengan tujuan : membendung bahaya Komunis.
Anggota : Turki, Iran, Irak, Pakistan, Inggris, dan USA.

5.      MENGAPA MASYARAKAT DUNIA KHAWATIR PERKEMBANGAN SENJATA NUKLIR AS DAN US
Perlombaan senjata nuklir antara pihak AS dan US menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat dunia, masyarkat khawatir akan meletusnya perang nuklir yang dahsyat, dan apabila terjadi bisa membahyakan umat manusia dan makhluk hidup lainnya di dunia Sebagai contoh, ketika rector nuklir Chernobyl meledak pada tanggal 26 april 1986 yang berakibat ratusan orang terkontaminasi zat radio aktif, puluhan orang meninggal dan ratusan ribu orang terpaksa mengungsi. Penggunaan bom khususnya bom nuklir yang merupakan bom dengan ledakan terdahsayt dpt  menimbulkan radiasi yang apabila diterima dalam jumlah besar akan sangat fatal akibatnya. Debu radioaktif dan endapan dari awan yang tertiup angin dan bertebaran di daratan dapat mengakibatkan kerusakan pada tanaman serta membinasakan hewan dan manusia. Kontaminasi akibat ledakan rector nuklir menyebabkan cacat kulit pada tubuh.

6.        4 UPAYA MEREDAM PERANG DINGIN
a.        Usaha antarnegara
negara secara individu (bilateral) berinisisatif untuk mengurangi ketegangan dunia dengan saling mengunjungi untuk melakukan pendekatan. Hubungan bilateral yang berhasil mengurangi ketegangan dunia tersebut antara lain sebagai berikut :
1.        Pada tahun 1972 Presiden Amerika Serikat Ricard Nixon mengunjungi RRC untuk menjalin hubungan diplomatik.
2.        Pada tanggal 3 Oktober 1990 penyatuan Jerman Barat dan Jerman Timur.
3.        Presiden Soeharto pada tahun 1989 mengunjungi Uni Soviet untuk mempererat hubungan.
b.     Usaha negara berkembang
Negara-negara baru yang lahir setelah Perang Dunia II baik di asia dan afrika tidak ingin memperkeruh suasana dunia dengan masuk ke salah satu blok baik barat maupun timur. Mereka mendirikan organisasi sendiri yang disebut dengan kelompok gerakan nonblok, yang berarti tidak memihak Blok Barat maupun Blok Timur dan bersifat netral.
c.        Usaha PBB
PBB sebagai badan internasional yang bertujuan menciptakan perdamaian dan keamanan dunia berusaha untuk meredakan konflik antara kedua Negara adikuasa tersebut, misi yang dilakukan PBB:
UNEF yang berada di mesir, UNOC di kongo, UNTEA  di Indonesia, ICCS di Vietnam, UNIMOG di irak, UNTAG di Namibia
d.        Kebijakan politik yang diterapkan pres Michael gorbacev
Kebijakan politik yang diterapkan pres Michael gorbacev berupa glasnost dan perestroika. Glasnost adalah keterbukaan politik sedang perestroika adalah pengembangan menyeluruh demokrasi. Adanya ide ini menyebabkan Negara-negara bagian US banyak yang melepaskan diri, sehingga menyebabkan runtuhnya Negara US. Keruntuhan US diikuti berdirinya persemakmuran Negara-negara merdeka(CIS) pada 1991.


7.     3 PERKEMBANGAN KA DI INDONESIA

Kereta Api di Era Kolonial Belanda

Ø  Inisiatif untuk membangun jalur kereta api di Indonesia berawal pada era tanam paksa di tahun 1830. Saat itu, Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch menggagas pembangunan jalur kereta api agar dapat meningkatkan volume angkut produksi hasil panen di wilayah pedalaman.
Ø  Pada 10 Agustus 1867, jalur kereta api pertama di Indonesia mulai beroperasi di Jawa Tengah dan terhubung dengan stasiun pertama di wilayah Semarang. Pada awal keberjalanannya, kereta api dikelola oleh perusahaan Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij dan menggunakan ukuran standar rel 1.435 mm.
Ø  Pemerintah Belanda sebenarnya cenderung tidak ingin membangun jalur sendiri dan memberikan hak tersebut pada perusahaan swasta. Akan tetapi, perusahaan swasta ternyata tidak memperoleh keuntungan investasi yang diharapkan. Oleh karena itu, pemerintahan kolonial Belanda akhirnya mendirikan sistem jalur kereta api bernama Staatsspoorwegen.

Pengambilalihan Kereta Api oleh Pemerintah

 Setelah merdeka, para pejuang berhasil mengambil alih jalur kereta api pada 28 September 1945 di pulau Jawa dan sumatera. Setelah Indonesia mendapat pengakuan kemerdekaan penuh pada 1949, berbagai sistem kereta api digabungkan menjadi Djawatan Kereta Api. Perusahaan ini mendatangkan 100 lokomotif uap pada 1950 untuk kembali melayani penumpang. Selain lokomotif uap, perusahaan ini juga mendatangkan lokomotif listrik-diesel yang berasal dari Amerika Serikat pada 1953. Kebijakan nasionalisasi yang ditetapkan pemerintah membuat seluruh jalur kereta api di Indonesia dikelola dibawah naungan Perusahaan Negara Kereta Api pada 1958.

Perkembangan Menjadi PT. Kereta Api Indonesia

Ø  pada 1971. Pada 15 September 1971, Perusahaan Negara Kereta Api berubah nama menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA). Pada 1980-an, kebanyakan layanan perjalanan kereta api menggunakan lokomotif listrik-diesel. Selain itu, PJKA juga mendatangkan beberapa unit kereta listrik dari Jepang pada tahun 1970-an untuk menggantikan lokomotif yang sudah tua.
Ø  Nama PJKA mengalami perubahan pada 1991 menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka). Selama periode 1995-1999, layanan kereta api di Indonesia sempat mengalami kebangkitan. Namun pada 1 Juni 1999 Nama Perumka kembali berubah menjadi PT. Kereta Api (Persero). PT. Kereta Api masih melanjutkan monopoli pengelolaan jalur kereta api di Indonesia. Masalah klasik dari industri kereta api di Indonesia masih terjadi. Stasiun tetap kumuh dan sumpek. Ditambah lagi pengawasan yang lemah pada sistem keluar masuk stasiun membuat banyak pengasong dan pengemis berkeliaran di dalam kereta. Belum lagi dengan keberadaan penumpang kereta yang duduk diatas atap kereta yang semakin memperburuk industri perkeretaapian Indonesia.
Ø  Pada tahun 2007, masa monopoli PT. Kereta Api Indonesia harus berakhir seiring berlakunya UU Perkeretaapian No. 23/2007. Pada 2010, PT Kereta Api mengalami perubahan nama menjadi PT. Kereta Api Indonesia (PT KAI) yang masih digunakan hingga saat ini.

8.         PERKEMBANGAN 3 TRANSPORTASI UDARA DI INDONESIA PADA ORBA
Sejarah berdirinya industri pesawat terbang di Indonesia berawal pada sebuah bangunan beks gudang kapuk di Magetan, dekat Madiun (Jawa Timur). Pada tahun 1946, di gudang yang diubah menjadi bengkel itulah pesawat terbang pertama dengan semua bahan-bahannya berasal dari Indonesia, dirakit serta dibangun oleh putra-putri Indonesia. Pesawat itu adalah pesawatlayang jenis zogling tanpa mesin yang biasa dipakai untuk olahrag terbang layang. Pesawat itu diberi nama NWG-1 sesuai dengan inisial pembuatnya yaitu Nurtanio Pringgoadisuryo dan Wiweko Supono. Kerangka NWG itu dibuat dari kayu jamuju. Pelapis badan dan sayap NWG adalah kain blacu yang dilumuri bubur cingur sebagai pengganti thinner.
Keberhsilan NWG mendorong Kepala Staf Angkatan Udara mengusulkan pembentukan Komisi Penerbangan. Nurtanio dikirim ke Manila, Filipina untuk mempelajari teknik pembuatan pesawat di far Eastern AreoTechnical. Ketika kembali ke Indonesia, Nurtanio mencoba untuk merakit pesawat bermesin. Mesin yang digunakannya adalah mesin sepeda motor jenis Harley Davidson buatan tahun1928. Kerangka pesawat dan sayap terbuat dari kayu dengan pipa baja yang dilapisi kain blacu. Pesawat yang dibuat oleh Nurtanio itu mampu terbangdan dinamai pesawat WEI (Wiweko Experimental Lightplane)yang merupakan mesin pertama di Indonesia. Nurtanio memberi nama WEI pada pesawat itu untuk menghormati Wiweko Supono yang menjadi atasannya. Namun, kemudian nama itu diubah menjadi RI-X.
Ketika pecah peristiwa pembenrontakan PKI di Madiun tahun 1948, bengkel pesawat yang terletak di Madiun terpaksa ditutup. Pada tahun 10950, bengkel TNI AU dibuka kembali  di Lapangan Andir (sekarang bernama Bandar Udara Husein Sastranegara) di Bandung. Nurtanio ditunjuk untuk menjabat sebagai komandan.
Pada tahun 1953, Nurtanio bersama dengan 15 orang stafnya berhasil membangun pesawat serba logam pertama yang berkursi tunggal. Dengan bermodalkan pesawat tua peninggalan Belanda, dibangunlah pesawat serba logam untuk tujuan anti gerilya. Pesawat dengan rodanya dari roda vespa itu diberi nama Si Kumbang. Pada tanggal 17 April 1958, Si Kumbang mampu melintasi Pulau Jawa. Pesawat itu sekarang dijadikan monumen di depan gedung utama PT. Dirgantara Indonesia di Bandung.
Di bawah pimpinan Nurtanio, lembaga ini telah berhasil memproduksi beberapa pesawat. Setelah Si Kumbang muncul Belalang yang dipergunakan untuk melatih calon penerbang AURI. Kemudian menyusul Kunang 25, Kepik,  dan Mayang. Berikutnya muncul prototipe helikopter yang dinamakan Kolentang.
Pada tahun 1976, industri pesawat yang dirintis oleh Nurtanio itu diberi nama PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN). Tetapi, ketika B.J. Habibie memimpin IPTN nama Industri Pesawat Tebang Nurtanio dirubah menjadi Industri Pesawat Terbang Nusantara (dengan singkatan tetap IPTN). Di bawah pimpinan Habibie, IPTN berhasil memproduksi pesawat jenis C-212 Aviocar dan helikopter jenis BO-105. Pada tahun 1979, bersama CASA Spanyol, IPTN memproduksi CN-235 dan diberi nama Tetuko oleh Presiden Soeharto. Pesawat CN-235 itu diperlihatkan kepada umum untuk pertama kalinya tanggal 10 September 1983.
Pada tahun 2003, nama IPTN dirubah menjadi PT. Dirgantara Indonesia (PT. DI).

9.  UPAYA PEMERINTAH DALAM PERKEMBANGAN TRANSPORTASI DARAT, LAUT DAN UDARA
DARAT :        1. Pemeliharaan rehabilitasi jalan raya yang sudah ada.
                        2. Membangun jalan tol dan jalan layang, ringroad.
                        3. Pembangunan jalan kereta api.
                        4. Rehabilitasi infrastruktur dan penyediaan tambahan perlengkapan operasional jalan kereta api.
                        5.Pengadaan kereta api lebih modern, seperti Argo Bromo dan Argo Gede.

LAUT:             
1. Merehabilitasi dan meningkatkan kapasitas infrastruktur yang ada.
2. Pengadaan kapal Feri dan kapal pengangkut barang.
3. Perbaikan pelabuhan laut, terminal peti kemas, dan dermaga-dermaga.
4. Meluncurkan kapal cepat Palindo Jaya 500 tahun 1995.
5. Mendirikan PT PAL di Surabaya sebagai pusat pengembangan industri maritim Indonesia.

2 komentar

boleh masukan ga nih? :-) klo bleh, fontnya yang sama biar nggak kelihatan besar kecil...jadi pembaca nggak jenuh...

Reply

thank you sarannya :)
untuk postingan selanjutnya admin akan lebih perhatikan font-nya deh :>)

Reply

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda dengan Menggunakan Kata-kata yang Bijak dan Sopan (No Porno, No Iklan, No Spam). Kritik dan Saran yang Membangun Akan Sangat Bermanfaat Bagi Penulis. Terima Kasih.