Apakah Mutasi Gen Itu?

Mendengar kata mutan/mutasi gen, mungkin dipikiran anda akan  terbayang film x-man yang merupakan film popular yang tak jarang  remaja-remaja khususnya laki-laki bahkan perempuan memfavoritkan film tersebut. Sebagian besar penonton film ini mungkin mengganggap bahwa film ini hanyalah rekayasa atau fiksi, namun ada beberapa hal dari film tersebut yang dapat dijumpai di dunia nyata dan dapat dijelaskan secara ilmiah, salah satunya adalah adanya mutan.
Secara garis besar mereka tetap terlihat sebagaimana manusia sewajarnya, walaupun ada beberapa yang tidak. Seperti misalnya bertanduk, bersayap, berekor, dan lain sebagainya. Struktur sel dan unsur atom yang unik pada tubuh mereka tersebut terkadang malah memberikan kemampuan unik yang membuat mereka berwujud sebagai manusia super. 

Mutasi adalah perubahan mendadak pada bentuk susunan DNA dalam kromosom makhluk hidup yang menghasilkan protein atau enzim yang bermodifikasi. Mutasi akan menimbulkan modifikasi pada bentuk fenotif dan variasi dalam  populasi. Individu yang mengalami perubahan sifat langgeng mendadak sehingga berbeda dengan induknya disebut mutan.

Mutasi Gen  Dan Aberasi(Mutasi Kromosom)
      a.      Mutasi tingkat gen
Mutasi yang terjadi pada susunan molekul DNA disebut mutasi gen. faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya mutasi gen disebut mutagen.
      b.      Aberasi (mutasi kromosom)
Mutasi kromosom adalah  perubahan yang terjadi pada struktur dan susunan kromosom. Mutasi kromosom dapat dibedakan menjadi tiga macam sebagai berikut :
      1.      Aneuploidi (perubahan sel)
Aneuploidi atau perubahan sel adalah perubahan pada jumlah N-nya. Menurut kejadiannya, aneuploidi dibedakan menjadi dua yaitu:
      ·         Autopoliploidi, terjadi karena adanya gangguan meiosis
      ·         Allopoliploidi, terjadi karena hibria antar spesies yang set kromosomnya berbeda.

      2.      Aneusomi (perubahan penggandaan)
Ada organisme yang mempunyai susunan kromosom yang penggandaannya tidak benar, sehingga jumlah  kromosomnya menjadi lebih untuk untuk ukuran normal. Perubahan tersebut terjadi karena beberapa hal sebagai berikut:
       ·         Non-disjungsi, yaitu gagal berpisahnya kromosom homolog pada waktu anafase dari meiosis.
       ·         Anafase lag, yaitu tidak melekatnya kromatid pada  gelendong pada waktu anafase meiosis I.
Macam-Macam Mutasi
       1.      Mutasi alam
Mutasi alam adalah perubahan yang terjadi secara alamiah atau dengan sendirinya. Penyebab terjadinya mutasi jenis ini antara lain radiasi sinar kosmis, sinar ultraviolet matahari, batuan radioaktif dan radiasi ionisasi internal mikroorganisme.
       2.      Mutasi buatan
Mutasi buatan adalah mutasi yang terjadi karena diusahakan oleh manusia. Mutasi jenis ini antara lain dilakukan dengan cara penyinaran oleh sinar radioaktif dengan kadar lemah, penggunaan bahan kimia, fisika dan biologi serta penggunaan teknologi nuklir.
Penyebab Mutasi
       1.      Substansi kimia
Substansi kimia yang bisa menyebabkan peristiwa mutasi pada suatu organisme, antara lain metan, kafein, formaldehid, nikotin, pengawet makanan, dan DDT.
       2.      Substansi biologi
Substansi biologi yang bisa menjadi penyebab mutasi yaitu virus dan bakteri.
       3.      Substansi fisika
Substansi fisika yang bisa menjadi penyebab terjadinya mutasi adalah sinar ultraviolet, sinar-x, sinar gamma, pertikel alfa dan beta, neutron dan radiasi kosmis.

Inilah beberapa manusia yang mengalami mutasi:
      1.      Magneto

Anak tambun yang baru berusia 6 tahun asal Croatia ini bernama Ivan Stailijkovic. Ia memiliki tubuh yang bersifat seperti magnet. Segala objek yang berbahan metal atau logam seperti sendok, garpu, setrika,wajan dsb bisa menempel di tubuhnya.







      2.      X Ray Eyes

Gadis ini bernama Laura Castro. Gadis berusia 14 tahun yang awalnya terlahir normal, namun ketika usia 10 tahun keanehan mulai terjadi pada matanya warna bola matanya berubah menjadi putih semua tanpa pupil, tentu saja ini berpengaruh besar pada penglihatannya seperti kebutaan .Namun anehnya, kedua mata putihnya itu justru mampu membuatnya melihat tembus pandang, dia bisa melihat tembus pandang, dia bisa melihat benda-benda yang ada di balik tembok beton, kayu, kertas.

      3.      Human Torch (pyrokinesis)
a.    Deng Deshu
Wanita berusia 33 tahun asal Propinsi Sizhuan, China ini bernama Deng Deshu. Ia mampu membakar apa saja yang disentuhnya sesuai dengan keinginannya. Semburan api yang berasal dari panas tubuhnya tidak tanggung-tanggung, karena mampu mencapai panas api dengan suhu 200 derajat Celcius.
b.    Willy Brough
Willy Brough (12) dari Turlock, Kalifornia dia mampu menyalakan api hanya dengan pandangan nya, akibatnya dia di usir oleh keluarganya karena dianggap kerasukan roh jahat, namun sorang petani yang baik hati memungutnya dan menyekolahkannya, namun di sekolah dia hanya bertahan satu hari karena sekolah nya habis di lalap api yang bersumber dari tatapan nya.


c.         Benedetto Supino

Benedetto Supino dari Formia, dekat Roma, kejadian bermula pada tahun 1982 ketika dia membakar buku komik yang dia baca di ruang tunggu dokter gigi.Selain itu dia juga bisa membakar benda-benda yang dia lewati seperti meja dan kursi, dia juga bisa membakar benda-benda yang dia pegang terutama buku, selain itu dia juga bisa membakar benda-benda yang dia pandang dengan serius seperti pada benda plastik yang di pegang oleh pamannya atau yang terjadi dengan seprai tempat tidurnya.

   d.  Gadis usia 11 tahun dari Vietnam yang identitasnya masih dirahasiakan/tidak diketahui
Gadis muda yang tinggal di distrik Tan Binh, Ho Chi Minh, telah membakar hampir seluruh lantai tiga rumah keluarganya. Sang ayah mengatakan api berasal dari energi super yang ada di dalam tubuh putrinya, seperti dilansir situs berita Vietman Ngoisao.net, Rabu (23/5/2012). Karena fenomena anehnya, sang gadis pun diuji oleh ilmuwan di Hong Bang International University, di Ho Chi Minh, Vietnam. Du Quang Chau, seorang ahli radiesthesia (kemampuan untuk mendeteksi 'radiasi' dalam tubuh manusia) melakukan serangkaian tes pada gadis itu dan menemukan sesuatu yang aneh di belahan kanan otaknya. "RFI (Radio Frequency Interference) tes menunjukkan 'halo' aneh di belahan kanan otak gadis itu, yang bisa menjadi penyebab daya yang tidak lazim," jelas Dr Nguyen Manh Hung, Direktur Hong Bang University. Sang gadis secara medis juga diperiksa di Cho Ray Hospital dan Children No 2 Hospital, tapi dokter tidak menemukan sesuatu yang abnormal.

      4.      Electro
Manusia yang berkemampuan menjadikan dirinya sebagai konduktor atau sumber listrik ini bernama Zhang Deke. Ia merupakan seorang pensiunan asal Xin Jiang, China. Tubuhnya mampu mensuplai listrik berdaya 220 Volt. Cukup untuk menghidupkan perabotan rumah tangga seperti kulkas, televisi, dan lampu.

Referensi:

Beberepa situs internet dan buku penuntun belajar “Intisari Biologi SMU”

3 komentar

Anonymous admin

Coba aja ada file pdf nya gan -_-
Salam kenal kawan :) --- Irfan Andriarto ---
Kalau mau ng'blog sambil bisnis Daftar di sini broh, GRATIS ! Lumayan kok di sini Daftar

Reply

terima kasih atas infonya, blogmu udah saya follow ya.. kalau bole follback saya juga
http://chiaki-tachikawa.blogspot.com/

Reply

siip (o) udah sy follback kok
terima kasih jg yah kunjungannya

Reply

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda dengan Menggunakan Kata-kata yang Bijak dan Sopan (No Porno, No Iklan, No Spam). Kritik dan Saran yang Membangun Akan Sangat Bermanfaat Bagi Penulis. Terima Kasih.