Kiat Sukses Belajar Sejarah

1.      Mengaitkan materi dengan pengalaman
Sejarah selalu berulang, demikian kata pepatah Perancis. Peristiwa yang terjadi sekarang kadang-kadang mempunyai kemiripan dengan peristiwa masa lalu. Mungkin kamu punya pengalaman yang mengingatkan kamu akan masa lalu. Dengan mengaitkan pengalamanmu dengan materi pelajaran, pemahamanmu tentang materi pelajaran menjadi sangat mudah.

2.      Biasakan berdiskusi
Jika ada informasi, data atau konsep teoritis tentang sejarah yang kurang kamu pahami, diskusikanlah dengan temanmu. Dengan diskusi, pemahamanmu tentang sejarah akan semakin mendalam.

3.      Rajinlah bertanya
Bertanyalah kepada guru, orang tua, kakak, atau siapapun yang kamu anggap tahu jika ada informasi yang sulit dipahami atau data/informasi yang meragukan. Catat dan ingatlah selalu jawaban yang kamu dapatkan.

4.      Rajinlah mencari dan menemukan
Jika ada pertanyaan dari guruatau orang lain yang bermaksud mengujimu, jawablah dengan penuh keyakinan jika kamu benar-benar tahu. Namun, jika kamu belum mengetahui jawabannya, jangan berlagak sok tahu. Lebih baik berterus terang bahwa kamu belum tahu. Selanjutnya carilah jawaban itu sampai ketemu.

5.      Buatlah catatan dan ringkasan
Catat dan ringkaslah hal-hal yang penting yang telah kamu ketahui baik itu dari buku atau penjelasan guru. Taruhlah catatan atau ringkasan yang kamu buat sehingga  dapat kamu lihat sewaktu-waktu. Kamu dapat menyimpannya di saku atau menempelkan pada dinding kamar atau meja belajarmu.

6.      Aktiflah dalam kegiatan belajar

Sebagai siswa, aktifkanlah dirimu dalam setiap kegiatan seperti berdiskusi untuk memecahkan masalah, presentasi, menganalisis dll. agar pemahamanmu tentang materi sejarah semakin mendalam.

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda dengan Menggunakan Kata-kata yang Bijak dan Sopan (No Porno, No Iklan, No Spam). Kritik dan Saran yang Membangun Akan Sangat Bermanfaat Bagi Penulis. Terima Kasih.